Rabu, 20 Mei 2015

Membuat Program Sederhana Biodata Dan Aritmatika Pada Pascal

Membuat program biodata sederhana dengan pascal
 
Pertama tama kita masuk dulu ke software pascal setelah itu kita akan membuat program biodata sederhana dengan pascal pertama tama ketik dulu uses crt; itu gunanya  jika ingin menggunakan perintah ‘clrscr’ (perintah untuk membersihkan layar) dan ‘readkey’ (perintah untuk membaca masukan user). Kemudian  ketik lagi var Nama,npm,kelas : string; itu adalah nama variabel yang akan di buat yaitu nama, npm dan kelas. Selanjutnya kemudian ketik begin untuk mengawali program pascal. Kemudian ketik clrscr; yaitu untuk menghilangkan atau membersihkan layar di program pascal. Lalu ketik write (‘masukan nama :’); lalu ketik lagi readln (nama); begitu juga dengan ketikan selanjutnya seperti tadi namun di ganti saja dengan npm dan kelas. Write adalah instruksi untuk mencetak & parameter teks yang akan dicetak sedangkan readln adalah gunanya untuk mencetak lalu menambahkan Enter/baris baru (write and add new line, writeln berasal dari write + ln, ln merupakan singkatan dari line). Setelah sudah ketik lagi write (‘nama saya’); write (nama); write (‘dengan npm’); write (npm); write (‘dari kelas’); read (nama); read (npm); read (kelas); dan jangan lupa end. Kemudian jalankan program tersebut . selesai program biodata sederhana selesai.
Biar lebih jelasnya lihat gambar – gambar di bawah ini :





Membuat program sederhana aritmatika
 
Pertama tama terlebih dahulu masuk ke aplikasi pascalnya kemudian ketik crt user; itu gunanya  jika ingin menggunakan perintah ‘clrscr’ (perintah untuk membersihkan layar) dan ‘readkey’ (perintah untuk membaca masukan user). Kemudian ketik var a,b,c,d,e,g,h : integer; f: real; itu adalah nama vaiabel yang akan di buat untuk menjalankan program sederhana aritmatika. Kemudian ketik lagi begin untuk mengawali program pascal. Kemudian ketik clrscr; yaitu untuk menghilangkan atau membersihkan layar di program pascal. Kemudian ketik write (‘masukkan angka pertama’); readln (a) begitu juga dengan ketikan selanjutnya seperti tadi, itu adalah untuk meng input data yang akan di masukan. Kemudian ketik lagi c:=a+b; d:=a-b; e:=a*b; f:=a/b; g:=a mod b; itu adalah variabel yang akan di masukan agar menjadi pertambahan pekurangan perkalian pembagian dan modulo. Setelah selesai ketik lagi writeln; kemudian ketik lagi writeln (‘masukan penjumlahan : ‘,c);
Writeln (‘hasil pengurangan :’,d); writeln (‘hasil perkalian :’,e); writeln (‘hasil pembagian :’,f:0:2); writeln (‘hasil modulo :’,g); ketik lagi di bawahnya readln; kemudian ketik end. Selesai. Itu adalah untuk menampilkan outputtannya nanti.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar – gambar dibawah ini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar