Teori Organisasi Umum #1
HUBUNGAN MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Manajemen
Istilah manajemen memiliki
berbagai pengertian. Secara universal manajemen adalah penggunaan sumberdaya
organisasi untuk mencapai sasaran dan kinerja yang tinggi dalam berbagai tipe
organisasi profit maupun non profit.
Definisi
manajemen yg dikemukakan oleh
Daft sebagai berikut: “Management is the attainment of organizational goals in
an effective and efficient manner through planning organizing leading and
controlling organizational resources”. Pendapat tersebut kurang lebih mempunyai
arti bahwa manajemen merupakan pencapaian tujuan organisasi dengan cara yang
efektif dan efisien lewat perencanaan pengorganisasian pengarahan dan
pengawasan sumberdaya organisasi.
Organisasi
Definisi Organisasi Istilah
organisasi bukanlah hal yang asing lagi bagi kita, karena dari pertama kita
menimba ilmu pada tingkat pertama, kita sudah dikenalkan dengan salah satu
organisasi kesiswaan seperti OSIS. Dalam kehidupan bermasyarakat pun sering
kita jumpai yang namanya organisasi, baik organisasi kepemudaan dan bahkan
sampai organisasi kepemerintahan. Tapi tahukah Anda arti dari pengertian
organisasi itu sendiri? Banyak para pakar dunia yang memaparkan pengertian atau
definisi organisasi, dimana dari pengertian-definisi organisasi tersebut dapat
ditarik kesimpulan bahwa organisasi merupakan suatu system atau perkumpulan
yang disusun dalam kelompok, untuk bekerja sama mencapai suatu tujuan bersama.
Berikut ini definisi organisasi yang dipaparkan oleh beberapa para ahli.
James D Mooney berpendapat bahwa
“Organization is the form of every human, association for the assignment of
common purpose” atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian
suatu tujuan bersama.
Drs. Malayu S.P Hasibuan
mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan
terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.
Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.”
Chester L Bernard (1938)
mengatakan bahwa “Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau
lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons)
yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.
Paul Preston dan Thomas Zimmerer
mengatakan bahwa “Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam
kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.”
(Organization is a collection people, arranged into groups, working together to
achieve some common objectives).
Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro
mengatakan “organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata
hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara
tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
Prof Dr. Sondang P. Siagian,
mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang
atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka
pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat
seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang
yang disebut dengan bawahan.”
Hubungan Manajemen dan organisasi
Dalam manajemen masuk ke dalam
organisasi. Dalam kalimat yang sederhana, manajemen berarti juga proses
mengatur segala hal dalam organisasi. Manajemen, menurut Robbins, memiliki
beberapa fungsi yang harus dilakukannya dalam mengelola organisasi:
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Kepemimpinan
4. Pengendalian
Fungsi perencanaan meliputi
menentukan tujuan organisasi, menetapkan suatu strategi keseluruhan untuk
mencapai tujuan, dan mengembangkan suatu hirarki rencana yang menyeluruh untuk
memadukan dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan.
Fungsi pengorganisasian merupakan
tanggung jawab dalam perancangan struktur organisasi. Fungsi ini mencakup
penetapan tugas-tugas apa yang harus dilakukan, siapa yang harus melakukan,
bagaimana tugas-tugas itu dikelompokkan, siapa melapor kepada siapa, di mana
keputusan harus diambil.
Semua organisasi terdiri dari
orang-orang, dan adalah tugas manajemen untuk mengarahkan dan mengkoordinasi
mereka. Inilah fungsi kepemimpinan. Saat mereka memotivasi bawahan, mengarahkan
kegiatan orang lain, memilih saluran komuniakasi yangpaling efektif, atau
memecahkan konflik antara anggota, mereka itu sedang melaksanakan kepemimpinan.
Fungsi pengendalian merupakan
fungsi yang terakhir. Setelah tujuan-tujuan ditentukan, rencana-rencana
dirumuskan, pengaturan struktural digambarkan, dan orang-orang dipekerjakan,
dilatih, dan dimotivasi, masih ada kemungkinan bahwa ada sesuatu yang keliru.
Untk memastikan bahwa semua urusan berjalan seperti seharusnya, manajemen harus
memantau kinerja organisasi. Kinerja yang sebenarnya harus dibandingkan dengan
tujuan-tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Jika terdapat penyimpangan yang cukup
berarti, adalah tugas manajemen utnuk mengembalikan organisasi itu pada
jalurnya. Pemantauan, pembandingan, dan kemungkinan mengoreksi inilah yang
diartikan dengan fungsi pengendalian.
Kesimpulan : Setelah mempelajari
Pengertian Organisasi dan Menejemen dapat disimpulkan bahwa organisasi dan
manajemen saling berkaitan satu sama lain.
REFERENSI :
http://priambodomandalaputra.blogspot.com/2012/10/hubungan-organisasi-dengan-manajemen.html
http://tkampus.blogspot.com/2011/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html
http://rheza-a-kumoro.blogspot.com/2011/12/hubungan-organisasi-dengan-manajemen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar